Startup Dan Masyarakat Teknologi Bagi Sewa Mobil Surabaya

  • Home
  • Berita
  • Startup Dan Masyarakat Teknologi Bagi Sewa Mobil Surabaya

Startup Dan Masyarakat Teknologi Bagi Sewa Mobil Surabaya

Pernah mendengar istilah 'startup'? Istilah 'startup' awalnya mempunyai pengertian 'perusahaan yang baru berdiri' atau 'perusahaan rintisan': https://en.wikipedia.org/wiki/Startup_company. Namun saat ini pengertiannya  menjadi bergeser menjadi 'perusahaan teknologi' meskipun tidak menghilangkan pengertian 'perusahaan rintisan' tersebut. Entah siapa yang memulai awalnya, hanya kita semua mengetahui jika pengertian ini kemudian menjadi rancu. Namun bagi mereka yang cenderung buta akan 'startup', beberapa istilah ini mungkin cukup penting untuk lebih mengenal dunia startup: https://id.techinasia.com/istilah-startup-yang-perlu-anda-ketahui.

Booming startup saat ini disebabkan didukung oleh layanan koneksi internet yang lebih baik dari sebelumnya. Tak hanya dari sisi infrastruktur atau produsen namun juga di pihak pengguna (konsumen) yang beberapa diantaranya lalu berubah menjadi developer/pengembang. Belum lagi ditambah dengan sistem operasi ponsel yang semakin kompleks. Saat ini ada banyak startup dari berbagai bidang, dimana salahsatunya adalah layanan transportasi. Bukan kompetitor Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya namun lebih merupakan aplikasi pendukung untuk membantu operasional. Misalnya saja aplikasi Waze. Perusahaan ini bukan asli Indonesia tapi kehadirannya cukup membantu banyak warga—terutama di kota besar—dalam mencari jalan alternatif. Di situs resminya (waze.com) juga tersedia untuk pengguna bahasa lain selain Indonesia.

Startup lain yang cukup umum menjadi salah satu pelengkap ponsel pintar masyarakat adalah situs penyedia jasa tenaga kerja di bidang apapun, jadi masyarakat yang mempunyai skill atau keterampilan (misalnya teknik mesin) dapat sekali-kali dibutuhkan melalui panggilan. Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya  melihat ada biaya yang ditarif oleh pengelola per-kepala (anggota) yang mendaftar. Namun suatu saat jika anggota yang hanya sebagai pengguna pun dapat menjadi profesional panggilan. Saat ini layanan kursus daring pun lumayan umum meski penggunanya harus mempunyai koneksi internet yang stabil untuk mempermudah akses belajarnya. Kursus daring pun bermacam-macam jenisnya; mulai dari pembelajaran software komputer, fotografi hingga memasak. Jadi kita dapat melakukan banyak hal di rumah lebih banyak dari sebelumnya.

Di masa kini pun sebuah startup pasar daring (marketplace) pun cukup banyak. Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya melihat ada kemudahan bagi masyarakat berdiri pada dua sisi sekaligus: sebagai pembeli dan penjual. Apalagi, dukungan banyaknya penyedia layanan kurir pun mempermudah distribusi barang kepada beberapa pihak. Dan banyak anggota pada pasar daring tadi memang terkadang bertindak menjadi pembeli lalu menjual lagi barang yang dibelinya (distributor lepas).
Di sisi lain, peta kompetisi antar operator kurir saat ini merebak disebabkan adanya startup pada bidang transportasi yang juga mempunyai 'sampingan' sebagai pengantar barang serta pemesan makanan. Posisi Rental Sewa Mobil Xpander di Surabaya disini mungkin hanya sebagai pengguna saja dengan menimbang segala untung-ruginya; karenanya terkadang ada seorang sopir atau kurir yang mampir ke kantor Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya saat ada pemesanan atau pengantaran suatu barang. Meski demikian, mungkin kita semua mengetahui adanya beberapa penyedia layanan transportasi umum lain yang bermitra dengan perusahaan startup tersebut untuk pengembangan layanan kepada konsumennya.

Lalu bagaimana startup tadi berkembang?
Dari yang terlihat pada beberapa contoh ini bisa dilihat pada kesan teknologi tinggi adalah modal utama layanannya. Yang kedua adalah seperti pada umumnya usaha, yakni pelanggan yang loyal. Tapi pelanggan yang dimaksud disini adalah pengguna. Rental Sewa Pickup GranMax di Surabaya juga menemukan beberapa referensi tentang bagaimana startup didanai. Dan sebenarnya telah ada banyak perusahaan teknologi lain yang telah lama eksis—seperti developer software, namun penyebutan startup ini agaknya mencakup yang baru berdiri dalam jangka waktu maksimal tiga tahunan lalu: https://medium.com/@TalkinAndy/tentang-startup-yang-bakar-duit-serta-yang-disebut-sebagai-bisnis-beneran-569146213c0f serta kelanjutannya https://medium.com/@TalkinAndy/tentang-startup-yang-bakar-duit-2-kapan-balik-modalnya-cb3630ec668. Dari yang dapat dibaca pada tautan artikel tadi, startup mempunyai pembiayaan secara modal ventura (penjualan saham dan penanaman modal oleh pihak lain), meski pembangunan infrastruktur, ketidakpastian keberlanjutan, dan segala sesuatunya di awal menjadi beban pendiri. Beberapa startup diketahui juga menarik bayaran besaran tertentu misalnya dari segi langganan atau iklan (supaya penjual yang bergabung dapat muncul di awal halaman) guna membiayai operasional startup tersebut.
Dari yang bisa dibaca pada artikel referensi tadi, salah satu bidang bisnis yang diincar startup adalah pasar daring yang saat ini ada beberapa yang cakupannya seluruh Indonesia. Memang ada perbandingannya dengan 'bisnis riil' (dengan pembelian tanah, pendirian gedung, dsb), namun pasar daring ini dapat diperbesar dan diperlebar tanpa batas karena bentuknya secara fisik hanya berupa data pada sebuah peladen (server). Selain beberapa yang telah disebut di atas, ada ranah bidang lain macam konseling, panggilan dokter, investasi, traveling, transportasi, finance, informasi dan perbandingan, penawaran promo makanan, bahkan penghubung penyandang disabilitas.

Banyak usaha mencari celah yang dapat dimasuki. Begitu juga Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya. Namun kami sendiri bukan merupakan perusahaan teknologi, apalagi perusahaan startup yang berdiri kurang dari lima tahun lalu. Meskipun demikian, Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya masih menggunakan teknologi sebagai pendukung operasional, misalnya pada website. Lainnya adalah seperti yang telah dipaparkan di atas, yakni lebih cenderung merupakan pengguna produk buatan perusahaan startup.
Dan seperti banyak usaha lain, perusahaan startup pun mempunyai kemungkinan bangkrut karena banyak faktor. Bahkan tak hanya startup saja, namun perusahaan yang telah lama berdiri. Misalnya seperti media sosial 'Path' atau 'Tsu' yang ditutup. Tentang mengapa perusahaan startup gagal, beberapa poin pada tulisan ini adalah jawabannya: https://www.facebook.com/notes/hilman-fajrian/mengapa-startup-gagal/10154463770441479/.

Dan sebagaimana layaknya usaha dan perusahaan lain, Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya tidak berharap perusahaan startup tersebut tutup meskipun memang ada hal yang tidak dapat dipertahankan atau dalam keadaan bangkrut. Khususnya startup yang bermanfaat bagi operasional keseharian, bukan aplikasi kebugaran atau aplikasi video selfie yang beberapa waktu lalu mengangkat ketenaran seorang anak remaja. Di Indonesia pun ada gerakan nasional 1000 startup digital yang merupakan komunitas 'penyebar semangat' di dunia startup digital: https://1000startupdigital.id/. Bagaimana pun wujudnya, setiap usaha pastilah mereka yang berusaha memberikan manfaat bagi orang lain melalui produk atau jasanya. Jadi, semakin banyak usaha berarti semakin banyak pilihan kepada masyarakat termasuk Rental Sewa Mobil Plus Sopir di Surabaya sebagai salah satu pengguna.
 
 
 
 
***
Keterangan gambar: Banyaknya perangkat genggam seperti tablet dan ponsel pintar membuat dunia startup semakin berkembang. Sumber: Pixabay/fancycrave1.

1
Halo Armada Rent, ada yang bisa kami bantu?
Powered by