Surabaya - Malang Menurut Rental Mobil Surabaya

  • Home
  • Berita
  • Surabaya - Malang Menurut Rental Mobil Surabaya

Surabaya - Malang Menurut Rental Mobil Surabaya

Salah satu jalur lalin antar-kota yang banyak menyita perhatian di Jawa Timur menurut Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya adalah jalur Surabaya-Malang. Sebenarnya jalur Surabaya-Jombang-Madiun serta Surabaya-Tuban bahkan Surabaya-Madura (pasca Suramadu) atau Surabaya - Pasuruan - Banyuwangi dan lain sebagainya juga sering diberitakan di beberapa media di Surabaya, tapi gaungnya tidak sesering jalur Surabaya-Malang ini. Kemungkinannya, karena sebagai salah satu kota besar (terbesar nomor dua) di Jawa Timur, Malang terletak di 'ketinggian' yang dikelilingi perbukitan; mirip dengan Kota Bogor di Jawa Barat meskipun kita mengetahui juga bahwa wilayah Malang mempunyai kawasan dataran rendah dan berbatasan dengan laut selatan (Samudera Hindia). Jadi ada keunikan di Malang yang berbeda dengan kota Jawa Timur lainnya soal kekayaan daerahnya.

Wilayah Malang ini dikenal juga sebagai kota pendidikan di Jawa Timur selain kota wisata; yang agaknya sering menjadi rujukan bahkan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah di Surabaya karena di sana juga ada Universitas Negeri yang cukup diperhitungkan selain Pendidikan Tinggi Swasta semacam Universitas Muhammadiyah Malang yang mempunyai lingkungan indah. Dari kondisi geografisnya, wilayah Malang yang mempunyai curah hujan relatif tinggi dibandingkan Surabaya pun membuat atmosfer Malang cukup sejuk, tidak terlalu panas dan relatif menyenangkan sepanjang tahun: http://karangploso.jatim.bmkg.go.id/index.php/component/tags/tag/234-prakiraan-curah-hujan-bulanan-di-propinsi-jawa-timur-tahun-2016.

Sebutan 'Malang' ini sebenarnya mengacu ke 2 wilayah, yakni Kota Malang dan Kabupaten Malang. Sedangkan di masa lalu, kotatif Batu pun termasuk ke dalam wilayah Malang. Jadi bila orang mengucapkan kata 'Malang', itu bisa berarti 'pusat' Kota Malang atau Kabupaten Malang; karena biasanya, maksud pengucapannya cukup rancu. Sedangkan menurut beberapa sumber yang pernah dikunjungi Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya menyebutkan bahwa wilayah 'Malang Raya' merupakan satu kesatuan metropolitan dan terdiri dari Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang: https://id.wikipedia.org/wiki/Malang_Raya. Mungkin mirip dengan penyebutan Britania Raya yang sebenarnya merupakan gabungan beberapa negara: Inggris-Irlandia Utara-Skotlandia dan Wales. Hanya, Malang Raya bukan gabungan negara tapi penyebutan dari beberapa kota. Sewa Sewa Pickup Grand Max di Surabaya juga sempat menemukan satu nama desa yang mungkin akan membingungkan Anda, yakni desa Cangkring Malang yang sebenarnya tidak termasuk wilayah Malang, tetapi hanya merupakan nama desa di kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. 

Sudah tak terhitung lagi berapa kali Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya mampir dan mengantarkan tamu ke Kota Malang dan sekitarnya. Rupanya Kota Malang begitu menarik perhatian (bahkan oleh orang luar Jawa Timur) karena mempunyai beberapa hal yang khas.
Misalnya, ada toko legendaris es krim di kawasan Kayu Tangan yang buka sejak zaman penjajahan Belanda yang masuk wilayah Kota Malang. Ada juga beberapa gedung warisan zaman kolonial Belanda di banyak tempat. Lalu ada Pura Balekambang di Selatan (masuk wilayah Kabupaten Malang) yang terkenal sejak lama dimana ada jembatan gantung yang menghubungkan karang lokasi pura itu ke daratan Pulau Jawa. 

Namun yang menarik di Malang Raya sejak dulu adalah Buah Apel. Buah apel di Malang tak seperti Apel Royal Gala yang berwarna merah muda atau macam Apel Washington tapi jenisnya bisa Apel Manalagi, Apel Anna atau Rome Beauty: https://www.brilio.net/news/10-jenis-apel-ini-pernah-kamu-cicipi-kamu-paling-suka-yang-mana-151208r.html. Tak hanya beredar di wilayah Malang saja, rasanya Apel dari Malang juga diedarkan di wilayah lain. 

Dan yang populer lainnya dari wilayah Malang adalah Bakwan/Bakso Malang yang lumayan terkenal sepengetahuan Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya. Dari yang banyak dijumpai di Surabaya, penjual Bakwan/Bakso Malang lebih mempunyai variasi pada semangkuk baksonya; misalnya goreng, siomay, tahu rebus/goreng dan lainnya; sedangkan pada Bakso Solo hanya ada bulatan bakso atau bakso isi telur saja menurut beberapa sumber yang pernah dikunjungi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya. 
 
Hanya ada yang aneh menurut beberapa sumber informasi tadi, karena keterangan yang berbeda dengan yang biasa dijumpai: kuah Bakwan/Bakso Malang lebih keruh dibandingkan Bakso Solo karena ada jeroan yang ikut dimasukkan (direbus) ke dalam kuah tersebut; namun persoalan kuah atau beberapa detilnya agaknya juga rancu pada saat ini sepengetahuan Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat. Dari yang ditemui umumnya di Surabaya, penjual yang mengaku (atau terlihat) berjualan 'Bakwan Malang' ini tak menyediakan mie/suun gratis sebagai pelengkap bakwan tersebut seperti pada Bakso Solo (atau pada soto), tapi mie/suun tadi biasanya disajikan terikat serupa dengan 'isi' lain yang mempunyai bandrol harganya sendiri.

Walau bagaimanapun, menggalakkan kekayaan kuliner termasuk Bakwan/Bakso Malang tersebut atau lainnya secara langsung seperti pada Festival Kuliner atau tidak langsung semacam iklan dari pihak ketiga bisa juga dilakukan untuk menarik rasa penasaran orang untuk datang ke Malang. Seperti contohnya pada artikel berikut: http://dapurpacu.com/323419/aksi-marquez-beli-bakso-ternyata-buat-promosi-sponsor/. Banyaknya artikel yang mengangkat tema Malang di berbagai situs berita pun agaknya juga turut mendongkrak minat konsumen untuk mengunjungi Malang bersama Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya.
(Bersambung)
 
 
***
keterangan gambar: Bunderan kota dan Balai Kota malang. sumber: commons.wikimedia.org/Merbabu 

1
Halo Armada Rent, ada yang bisa kami bantu?
Powered by