Keselamatan dan Ban bagi Rental Mobil Surabaya

  • Home
  • Berita
  • Keselamatan dan Ban bagi Rental Mobil Surabaya

Keselamatan dan Ban bagi Rental Mobil Surabaya

Ban adalah salah satu komponen penting mobil di masa ini, setidaknya untuk mobil yang melaju dan mengaspal di jalan raya seperti jajaran armada Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya. Bahkan ban juga salah satu komponen yang diperhitungkan juga pada industri pesawat terbang komersial, karena ban ini merupakan alas dan pondasi kendaraan saat menjejak ke tanah.

Sebutan 'ban' ini sepertinya diterapkan pada karet yang merupakan bagian dari roda dan tidak cocok untuk menyebut bagian roda kendaraan seperti setom (perata jalan) atau tank atau kereta api. Dahulu, sebuah kendaraan tidak mempunyai ban meski mempunyai roda, baik roda besi atau kayu hingga ada penemuan ban karet sebagai pelengkap roda kendaraan. Namun banyak kendaraan dewasa ini yang menggunakan ban untuk kestabilan lajunya selain dengan hal yang berhubungan dengan kenyamanan.
Banyak ban menggunakan udara atau nitrogen dalam isinya, sehingga kita mampu merasakan kenyamanan yakni perjalanan yang lebih 'empuk' meski kenyamanan penumpang juga disumbang oleh suspensi dan peredam kejut (shockbreaker) kendaraan. 

Hanya, Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya menilai kenyamanan dari faktor ban ini mungkin tidak secara langsung juga berpengaruh kepada penumpang dan tekanan ban sendiri secara umum berpengaruh terhadap besar-kecilnya kinerja mesin. Jika mesin tersebut bisa berjalan dengan optimal saat kondisi ban terisi penuh udara, maka jangan biarkan mesin bekerja lebih keras dengan cara memompa ban supaya cukup udara supaya mengawetkan masa pakai mesin mobil dan rentang penggantian suku cadang.

Sewa Rental Mobil di Surabaya sendiri menyadari faktor penting ban ini sebagai salah satu komponen penggerak. Salah satunya adalah selalu memantau ban tiap saat, memantau kapan saat penggantian dan lain sebagainya; termasuk ban cadangannya bila tersedia. Karena ban juga adalah salah satu faktor penyumbang angka kecelakaan di jalan. Jika kita memompa ban terlalu keras juga beresiko pecah, meski sebenarnya pecah ban ini bisa berasal dari faktor lain seperti . Berikut ini adalah contoh kasus pecah ban yang berakibat kecelakaan: http://www.otosia.com/berita/ban-meletus-rv-ini-kalap-di-tengah-jalan.html. Begitu juga dengan tautan ini: https://www.facebook.com/e100ss/posts/10154535943964879 yang merupakan kasus dalam negeri dan mungkin lebih dekat dengan keseharian kita.

Sementara ternyata faktor ban ini ada banyak, termasuk ban expired (lewat masa rekomendasi pakainya). Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya menemukan satu referensi dimana masa berlaku ban ini penting, yakni pada tautan berikut: http://otomotif.metrotvnews.com/mobil/9K5BZQRN-awas-ban-expired-salah-beli-bisa-celaka. Dalam berita referensi tersebut disebutkan bahwa karena secara umum ban kendaraan terbuat dari karet, maka kondisi karet kompon yang terlalu lama keluar pabrik bisa mengeras. Hal ini akan berpengaruh terhadap bagaimana karakter serta daya cengkeram mobil kita saat mengaspal di jalan.

Pentingnya akan etika dan berkendara aman juga banyak diperhatikan oleh pihak industri yang berkecimpung di dunia otomotif. Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mendapati beberapa pabrikan berusaha memberikan program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan mengedukasi masyarakat supaya berkendara dengan aman, salah satunya adalah safety riding. Terkait dengan ban yang merupakan topik bahasan kali ini, Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya mendapati program dari salah satu merek tentang pentingnya memperhatikan ban sebagai salah satu komponen penting kendaraan. Berikut adalah tautannya:http://www.otosia.com/berita/bridgestone-edukasi-pengendara-pentingnya-persoalan-ban.html. Terkesan seperti jualan, tetapi kelihatannya lebih merupakan 'soft selling' saja. Karena pihak merek tersebut rasanya tidak peduli akan apapun merek ban dari pemudik yang diperiksa. Jadi pertanyaannya, apakah saat ini kita juga peduli pada kondisi ban kendaraan yang berhubungan dengan keselamatan kita sendiri?
 
*Keterangan gambar: sebuah ban yang rusak parah seperti ini akan sangat membahayakan sopir dan pengguna jalan lain bila terus digunakan. sumber: commons.wikimedia.org/Eric Lewis
 

1
Halo Armada Rent, ada yang bisa kami bantu?
Powered by