Hati-hati Dengan Kendaraan Tanpa Lampu

  • Home
  • Berita
  • Hati-hati Dengan Kendaraan Tanpa Lampu

Hati-hati Dengan Kendaraan Tanpa Lampu

http://fortunerentcar.com/  - Aturan terbaru yang diberlakukan pada motor saat ini adalah keharusan menyalakan lampu saat siang hari dan malah ada aturan perundangannya. Regulasi ini juga banyak dikeluhkan oleh netizen di berbagai forum, salah satunya adalah ini:http://www.kompasiana.com/silvanusalvin/peraturan-konyol-menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari_5500f523a333110d175106a4. Begitu juga pada tautan yang berupa kritik tajam ini: http://www.kompasiana.com/freema/bahlulnya-pemerintah-lampu-malam-disuruh-nyalakan-siang_5500be2ea333115973511c32. Pada laman terakhir, kita bisa tau bahwa ada perbedaan lampu siang dan malam hari, sementara aturan tersebut memukul rata harus menyalakan lampu utama. Yang jelas, Rental Sewa Mobil di Surabaya tidak menjumpai aturan ini diberlakukan untuk mobil, sementara pemilik motor mengetahui bahwa ada pembedaan pada lampu 'halogen' selain ada 'lampu kota' yang diperkenalkan oleh produsennya.

Di samping itu, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya juga tidak mengetahui alasan apa di balik penyalaan lampu utama tersebut—karena dengan alasan menghindari kecelakaan lalu lintas pun sepertinya tak ada korelasinya, kecuali disebabkan oleh faktor cuaca berlangit gelap atau medan yang berkabut tebal. Bahkan, lampu juga dipergunakan sebagai isyarat antar pengendara terutama pada mobil. Sebagai contoh, pengendara mobil yang akan berbelok selain menyalakan lampu sein juga terkadang menyalakan lampu halogennya sekejap untuk memberi aba-aba bila dia akan segera berbelok (tidak menunggu). Tetapi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya agaknya menyetujui sebuah pendapat yang beredar pada forum bahwa di balik keanehan aturan ini ada kemudahan lain yang ditawarkan; yakni pengendara motor pun tak perlu repot mengulik saklar lampu halogen lagi selama berkendara baik siang ataupun malam hari. 

Meskipun memang dijumpai juga tentang sisi lain dari sebuah keputusan: Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya masih menjumpai kelemahan dari aturan ini yang bisa membuat pengendara "menanggung sanksi" atas apa yang tidak mereka sadari yakni matinya lampu di tengah jalan, salah satu korbannya adalah penulis artikel berikut: http://www.kompasiana.com/sucihistiraludin/lampu-motor-mati-bersiaplah-kena-tilang_552a8f946ea8343340552cf7. Mungkin ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan padamnya lampu ini jika sebelumnya baik-baik saja saat dites, termasuk diantaranya guncangan saat melewati rel kereta, hujan yang mengganggu kelistrikan, terbanting lubang jalan dan lain sebagainya. Namun yang jelas hal itu bisa mengakibatkan pengendara bisa terkena tilang atau peringatan oleh penegak hukum jalan raya (dalam hal ini polisi) atau pihak dishub.

Meski Sewa Mobil Surabaya kadang menjumpai adanya motor yang berjalan kencang tanpa lampu di malam hari, nampaknya hal tersebut tidak hanya dimonopoli oleh pengendara motor saja. Banyak angkot juga di malam hari yang berkeliling dengan lampu minimalis yakni hanya menyalakan lampu dalam ruang penumpang belakang, apalagi jika redup. Hal seperti ini agaknya cukup membahayakan juga, karena sorot lampu tersebut bisa saja tertutup oleh sesuatu, semisal barang atau tubuh penumpang yang bongsor. Sebuah laporan komentar pernah dibaca Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya pada akun SS pada Facebook e100 tentang sebuah mobil penumpang pribadi yang sedang mengaspal di daerah Bukit Darmo Boulevard serta tidak menyalakan lampu di malam hari.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya motif pemilik mobil pun patut diwaspadai. Karena pemadaman lampu ini bisa saja bukan disebabkan karena aki yang soak.Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat bahkan menemukan referensi berita yang tentunya membuat miris dan berhubungan dengan aksi gelap-gelapan ini:http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/01/30/351897/pembegal-motor-mengendap-tanpa-lampu-saat-buntuti-korban. Dalam berita tersebut dijelaskan bahwa kendaraan yang tanpa menyalakan lampu akan bisa membuntuti korban tanpa dicurigai. 

Kita kerap melihat adanya jendela dan pintu gedung yang didominasi bahan kaca diberi lapisan kaca film untuk sekedar melindungi terik siang hari. Namun di malam hari yang terjadi malah sebaliknya, kita akan dengan mudah melihat ruangan dalam gedung yang berkaca film tersebut yang terang oleh lampu; tetapi orang di dalam ruangan tersebut yang akan lebih sulit untuk melihat keadaan di luar ruangan. Berkenaan dengan kaca film, Rental Mobil Surabaya pun kerap menjumpai kendaraan penumpang yang menggunakan kaca film pada bagian kacanya untuk berbagai tujuan yang salah satunya adalah untuk privasi. 
Beberapa armada kendaraan Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya pun menggunakannya juga, tetapi semata-mata untuk kenyamanan penyewa untuk perlindungannya dari sinar matahari; karena kaca film yang baik tidak menyerap panas sinar matahari ke dalam mobil sehingga membuat gerah. Hanya, bila kita melihat adanya motif yang cenderung negatif seperti pada tautan berita terakhir, nampaknya kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap sekeliling kita selama berkendara; karena bagaimanapun kita membawa 'aset' barang yang bisa berharga lumayan bila dijual, apalagi ditambah dengan nyawa pengendara tersebut yang sering menjadi pertaruhan saat mempertahankan miliknya.
 
*** 
Keterangan gambar: salah satu penampakan dari sistem lampu pada kendaraan.
sumber: commons.wikimedia.org/Harry Wad

1
Halo Armada Rent, ada yang bisa kami bantu?
Powered by