Surat Izin Mengemudi Mutlak bagi Pengemudi Fortune Rent Car

  • Home
  • Berita
  • Surat Izin Mengemudi Mutlak bagi Pengemudi Fortune Rent Car

Surat Izin Mengemudi Mutlak bagi Pengemudi Fortune Rent Car

Surat Izin Mengemudi adalah kartu yang harus dimiliki untuk calon pengendara kendaraan bermotor. Cara mendapatkannya adalah menghubungi Polres setempat. Di sana kita akan diuji kelayakannya untuk mendapatkan SIM.
Dalam keterangan yang diberikan oleh Divisi Humas POLRI, Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Lebih lengkapnya mungkin Anda bisa membuka url laman FB ini: https://id-id.facebook.com/DivHumasPolri/posts/637909166237943

Sewa Mobil di Surabaya tidak merasa perlu mengkopi artikel dari Humas POLRI tersebut. Karena beberapa persyaratan dan kelengkapan yang ditentukan dalam memperoleh SIM juga dapat diakses dan dibaca dengan mudah pada tautan laman tersebut. Aturan tentang kepemilikan SIM juga sekilas disinggung di sana, yaitu pada Pasal 77 ayat 1 UU no 22 Tahun 2009 tentang Lalu-Lintas. Ayat ke-2 dari Pasal 77 tersebut juga menyebutkan tentang SIM untuk Kendaraan Bermotor Perseorangan dan SIM untuk Kendaraan Bermotor Umum.

Yang belum disebutkan adalah ayat-ayat selanjutnya dari Pasal 77 UU tersebut:
(ayat 3) Untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi, calon Pengemudi harus memiliki kompetensi mengemudi yang dapat diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan atau belajar sendiri.
(ayat 4) Untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Umum, calon Pengemudi wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan Pengemudi angkutan umum.
(ayat 5) Pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) hanya diikuti oleh orang yang telah memiliki Surat Izin Mengemudi untuk Kendaraan Bermotor perseorangan.

Adanya kekhususan ini membuat sopir yang mengemudi Kendaraan Bermotor untuk umum juga mempunyai perbedaan dengan sopir perseorangan. Sopir ini membawa orang dengan resiko yang lebih banyak dibandingkan ketika sopir tersebut membawa kendaraan untuk dirinya sendiri atau keluarganya (perorangan). Untuk dapat memiliki SIM umum, seorang pengemudi harus mempunyai SIM perseorangan dan pengalaman mengemudikan kendaraan bermotor berdasarkan SIM perseorangan tadi sekurang-kurangnya 12 bulan. Untuk lebih lengkapnya bisa mengakses blog berikut: http://indonesia-policewatch.com/adil/sim.php?action=simb1umum.

Pengetahuan mendasar yang diwajibkan agaknya juga lumayan ketat dan bisa dijadikan acuan sopir tersebut membawa kendaraan umum bagi penumpangnya. Namun di lapangan, ternyata Rental Sewa Mobil Surabaya dan kita semua sering mendengar berita semacam ini:
http://regional.kompas.com/read/2010/02/19/20463037/Sopir.Tanpa.SIM.Seruduk.Mushola.di.Tuban atau ini:
http://jabar.pojoksatu.id/cianjur/2015/07/14/wah-ada-sim-palsu/

Selain itu kita juga menemui adanya pengemudi kereta kelinci yang masuk melalui gang-gang perumahan dan perkampungan. Selayaknya, kereta kelinci ini adalah tumpangan umum (plat kuning) dan sifatnya khusus, lihat pada blog ini: <Mobil dan Kereta Kelinci>. Ini dikarenakan kereta kelinci tersebut membawa banyak orang. Tak ada kereta kelinci yang tak membawa bejibun orang 'kan? Karena sebenarnya kereta kelinci tersebut adalah tumpangan di area khusus macam taman hiburan dan arena tertutup, bukan untuk di jalan perkampungan atau jalan raya. Di beberapa tempat, keberadaannya dilarang dan tidak dianggap sebagai kendaraan yang layak jalan.

SIM tersebut sejatinya adalah Surat (=kartu) resmi yang dikeluarkan kepolisian sebagai bukti kita layak mengendarai kendaraan bermotor, seperti yang disinggung pada awal paragraf sebelumnya. Adanya beberapa hal tersebut di atas tentunya juga membuat miris. Karena sebenarnya sang sopir kurang layak untuk mengendarai kendaraan bagi dirinya sendiri, apalagi untuk orang lain. Dalam jumlah banyak pula. Adanya keadaan dan kondisi tersebut menurut Rental Mobil di Surabaya adalah hanya karena tekanan ekonomi dimana pengemudinya dihadapkan pada sedikit pilihan, yang berujung kenekatan.

Selain itu kita juga mengenal SIM internasional, dimana pengurusannya berbeda dengan SIM Umum tadi meski agak mirip: yaitu harus mempunyai SIM Indonesia yang masih berlaku kemudian mendatangi tempat pembuatan satu-satunya di Indonesia, yaitu di di Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional. Lokasi itu beralamat di Jl Letjen MT Haryono Kav 37-38, JakartaSewa Rental Mobil Surabaya menautkan sumber beritanya untuk membaca selengkapnya: http://otomotif.kompas.com/read/2014/07/14/1550098/Mau.Punya.SIM.Internasional.Begini.Prosesnya 
Semoga Sewa Mobil Surabaya dan kita semua semakin menyadari aturan yang hadir adalah untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.
 
**ilustrasi gambar: seorang pengendara yang lulus ujian mengemudi dan kartu SIMnya. sumber: kartik27/pixabay

1
Halo Armada Rent, ada yang bisa kami bantu?
Powered by