BERITA

  AC Yang Hampir Selalu Ada Pada Mobil Masa Kini

    Dibaca: 164 kali 


AC atau air conditioner adalah salah satu bagian yang cukup penting bagi sebuah kendaraan (mobil) saat ini. Meski tanpa AC pun mobil masih bisa layak jalan karena bukan termasuk komponen penggerak. Tetapi Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya yang menganggap AC merupakan bagian yang cukup penting tentu bukan hanya asal menulis saja. Karena perangkat AC pada usaha rental mobil merupakan komponen pelengkap yang hampir pasti mendapat perhatian dari konsumen mobil (baik baru atau bekas). Jika kita melihat iklan jualan mobil atau penawaran produk mobil baru di media apapun, fitur AC ini sering merupakan salah satu fitur yang ditonjolkan.

Melihat AC mobil lalu membandingkannya dengan AC rumahan di pemukiman atau pertokoan tentunya tidak salah karena kapasitasnya serta tujuannya memang untuk menyejukkan udara di dalamnya. Tetapi sumber energi yang digunakannya jelas berbeda meski mempunyai kecenderungan menyedot energi yang cukup besar. Jika AC rumahan menyedot energi listrik, maka AC mobil ini berebut energi dari bahan bakar kendaraan. Bahkan tidak hanya sumber energinya saja yang berbeda, karena komponen dan mekanismenya pun terhubung dan 'menyatu ruang' dengan mesin kendaraan. Seperti bisa dilihat pada referensi Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya berikut: http://otomotrip.com/tips-pengecekan-atau-cara-services-ac-mobil.html serta http://otomotifnet.com/Mobil/Tips/Awas-Kompresor-Ac-Bisa-Jebol-Saat-Ngebut#.

Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya sendiri menyadari bahwa kebutuhan AC ini tidak bisa dipandang sepele karena menyangkut kebutuhan konsumen. Karena terkadang, boros tidaknya bahan bakar yang dikonsumsi juga berkaitan dengan kemauan konsumen. Ada konsumen yang tidak mempermasalahkan AC karena alergi dingin, tetapi ada juga yang rewel disebabkan AC yang kebetulan sedikit bermasalah pada waktu penyewaannya meski pengontrolannya sudah sering dilakukan. Karena AC Mobil yang tidak dingin pun tidak bisa digeneralisir dan penyebabnya tidak hanya satu, seperti yang bisa dibaca pada tautan berikut: http://www.doktermobil.net/memperbaiki-ac-yang-tidak-dingin/.

Mengutip situs doktermobil tersebut, ada beberapa poin yang bisa menjadi penyebab AC yang tidak dingin yakni:
* Putusnya Drive Belt
* Freon yang kurang atau habis
* Kondensor dan radiator yang kotor
* Motor Cooling Fan
* Spul magnetic clutch putus
* Tekanan system ac mobil yang berlebihan
* Oli kompresor yang berlebih
* Kompresor aus
* Evaporator yang kotor atau tersumbat
* Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat
* Overheating pada mesin
Tapi selain beberapa penyebab tadi, jendela serta ruang kabin mobil yang tidak tertutup rapat mungkin bisa menjadi salah satu penyebab juga. Tentang hal ini, Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya menemukan sumber lain yang bisa membuat AC mobil gampang "jebol" atau tidak awet dingin bahkan bisa mudah rusak: http://www.tribunnews.com/otomotif/2013/12/26/10-kebiasaan-buruk-yang-bikin-ac-mobil-jebol.
Salah satu diantaranya adalah AC yang menyala pada saat jendela terbuka yang bukan hanya menjadikan tidak dingin, tetapi karena AC mobil memutar sirkulasi udara maka debu dan kotoran dari luar pun bisa masuk. 

Bahkan dari segi kenyamanan dalam kabin, jika kita menggunakan jenis pewangi gel yang menguap pada suhu kamar pun agaknya bisa mengendap dan membeku di evaporator karena suhu yang dingin dari AC, yang imbasnya bisa mengurangi kinerja AC mobil tersebut. Hal ini secara mendasar bisa dipahami karena perubahan wujud fisik dari pewangi. Bicara mengenai pewangi, nampaknya Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya masih mempertahankan pewangi yang saat ini digunakan yang dirasa cocok pada semua penumpang. 

Kembali ke AC mobil tadi, ada sebuah pendapat dari seorang praktisi dalam bidang AC mobil yang bisa dibaca selengkapnya pada tautan berikut: http://otomotif.metrotvnews.com/tips/gNQYdRWN-ac-mobil-jarang-pakai-bisa-timbulkan-masalah. Meringkas inti dari artikel tersebut yakni bila semakin jarang dipakai maka gas freon yang merupakan komponen aktif dari AC akan mengendap dan berisiko mengeroposkan dan membocorkan saluran AC. Sedangkan untuk solusinya adalah pada saat memanaskan mobil, hendaknya menghidupkan AC juga selama 5-10 menit supaya terpelihara dan ada sirkulasi sehingga tidak menimbulkan pengendapan. Masalah lainnya ada pada filter AC yang akan kotor atau pudar seiring waktu, seperti tema artikel berikut: http://www.merdeka.com/otomotif/filter-ac-kabin-kotor-dibersihkan-atau-harus-ganti.html. Namun Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya berpendapat, selama pori-pori filter AC tersebut masih bagus mungkin bisa dibersihkan; kecuali jika pori-porinya menunjukkan tidak memungkinkan untuk sekadar dibersihkan.

Sementara itu, mereka yang hidup dengan AC pun harus waspada akan bahaya yang bisa timbul karena kurangnya wawasan. Dan ini pun tak jauh-jauh dari operasional keseharian Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat, terutama bila tidak mendapatkan parkir sejuk di bawah pohon yang rindang. Bahkan kita pun agaknya tetap perlu untuk membuka jendela meskipun mobil dalam kondisi terlindungi di bawah pohon rindang. Pasalnya, ditengara ada gejala timbulnya gas yang tidak sehat dan bersifat karsinogen (memicu munculnya penyakit kanker) bila kita menyalakan AC mobil saat udara panas siang hari memanggang kabin tanpa membuka jendela atau power-window-nya. Artikel referensi Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya yang membahas tentang ini bisa dibaca keseluruhannya pada tautan berikut: http://keepo.me/kota-kita-channel/guys-masuk-mobil-jangan-langsung-nyalain-ac-ya-walaupun-mobilmu-sepanas-oven. Pada intinya, sangatlah perlu untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kabin dengan membuka jendela mobil sesekali atau memberi celah sehingga udara bisa berputar.

Keberadaan AC mobil (apalagi saat menyala) bisa berpengaruh pada mesin dan mobil secara keseluruhan karena merupakan komponen yang terhubung (menggunakan bahan bakar mobil), berbeda dengan AC rumah yang hanya menggunakan tenaga dari kelistrikan. Memahami AC dengan baik mungkin menjadi tak terhindarkan saat terkadang gejala gangguannya bisa merembet mesin: http://www.merdeka.com/otomotif/trik-ketahui-sebab-mesin-mudah-mati-karena-ac.html. Hingga hari ini, perangkat AC merupakan salah satu perhatian serius dalam operasional Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya karena terkait langsung dengan kenyamanan udara dan hawa kabin yang rentan mengundang komplain konsumen; padahal kita semua tahu bila AC mobil bukan termasuk bagian penggerak atau suspensi kendaraan bukan?
 
 
***
Keterangan gambar: komponen AC pada mobil. sumber gambar: pixabay/MikesPhotos 






0 comments:





Post Comments :