BERITA

  Apakah Fortune Rent Car Perlu Plat Nomor Cantik?

    Dibaca: 168 kali 


Dewasa ini kita sering menjumpai banyak plat nomor (atau bahasa resminya TNKB = Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang memiliki 'angka cantik' atau gabungan angka dan huruf yang mudah untuk diingat. Benda (atau platnya) itu sendiri disebut TNKB, namun nomornya disebut NRKB atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor.

Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya sendiri telah sering ketemu kendaraan yang memiliki 'NRKB cantik' begini, yang memang dirasa unik serta mengundang perhatian (bahkan mudah dihapalkan), mirip dengan nomor cantik yang juga terkadang diburu orang untuk tujuan berbisnis. Bedanya, mereka yang berbisnis memang berusaha memudahkan pelanggan mereka dalam menghubungi kantor layanan (customer service) atau bagian marketing perusahaan tersebut; sedangkan pemilik NRKB cantik ini Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya tidak mengetahui motif lainnya selain karena gengsi dan kebanggaan.

Di luar negeri pernah diberitakan adanya lelang hingga menyentuh angka milyaran (bahkan ratusan milyar) untuk sebuah nomor dari yang pernah Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya kunjungi: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/438311-ditawar-rp104-miliar--pria-ini-tolak-jual-pelat-nomor-cantik; begitu pula pada tautan berikut: https://metro.tempo.co/read/news/2014/09/15/064606983/begini-ketentuan-pelat-nomor-cantik-di-luar-negeri. Pada dasarnya, kecenderungan memiliki NRKB 'cantik' ini memang lebih dulu mewabah di luar negeri ketimbang di Indonesia.

Sementara itu ternyata di Indonesia sendiri fenomena 'nomor cantik' ini akhir-akhir ini saja diterbitkan tarif dan regulasinya. Lho memang dulu tak diatur?
Lewat keterangan yang dikumpulkan Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya dari beberapa sumber berita, memang disebutkan bahwa nomor cantik ini sama pengurusannya dengan nomor biasa, bahkan bisa diminta dan bila nomor tersebut tersedia: http://pertamax7.com/2013/05/14/pesan-nomer-plat-kendaraan-cantik-tiada-biaya-tambahan-kata-polda-masak-sih/. Begitu juga pada tautan berikut dimana besaran tarif NRKB ini mungkin tergantung pada dealer mobil tersebut: https://metro.tempo.co/read/news/2014/09/15/064606982/seluk-beluk-mendapatkan-pelat-nomor-cantik-mobil-biasa.

Hanya, tentunya lain dulu lain sekarang. Mungkin sebelumnya karena regulasinya belum matang atau masih dalam penggodokan atau mungkin sekarang juga karena membludaknya peminat, maka saat ini kita bisa melihat adanya aturan tarif untuk NRKB 'cantik' ini. Berikut adalah tautan tentang PP No 60 Tahun 2016: https://www.setneg.go.id/index.php?option=com_perundangan&id=405383&task=detail&catid=3&Itemid=42&tahun=2016 yang berisi tentang regulasi baru tentang NRKB 'cantik'.
Sementara besaran tarif NRKB 'cantik' ini berkisar antara 5 juta hingga 20 juta rupiah. berikut yang Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat kutip dari PP tersebut:
Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan
1. NRKB Pilihan untuk 1 (satu) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank)| PerPenerbitan  | Rp 20.000.000,00
b. Ada huruf dibelakang angka | PerPenerbitan | Rp 15.000.000,00
2. NRKB Pilihan untuk 2 (dua) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank)| PerPenerbitan | Rp 15.000.000,00
b. Ada huruf dibelakang angka | PerPenerbitan | Rp 10.000.000,00
3. NRKB Pilihan untuk 3 (tiga) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank)| PerPenerbitan | Rp 10.000.000,00
b. Ada huruf dibelakang angka | PerPenerbitan | Rp 7.500.000,00
4. NRKB Pilihan untuk 4 (empat) angka
a. Tidak ada huruf dibelakang angka (blank)| PerPenerbitan | Rp 7.500.000,00
b. Ada huruf dibelakang angka | PerPenerbitan | Rp 5.000.000,00

Kalau tau akan berubah begini, mending mengurus dari dulu ya. haha. 
Mungkin begitu juga yang dipikirkan oleh banyak pemilik kendaraan, sehingga mereka yang memiliki 'nomor umum' ini tidak berkesempatan mencicipi NRKB yang 'agak murah'. Para pemilik 'NRKB umum' (yang mengidamkan NRKB cantik tapi tak bermodal) ini lalu bertindak curang dengan menutupi angka pada TNKB-nya supaya terlihat 'cantik' dengan cat hitam (bila TNKB itu berwarna hitam). Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, bahkan cenderung membahayakan bila suatu saat orang salah mengidentifikasi saat terjadi sesuatu. Misalnya bila tabrak lari, atau terjadi aksi kriminalisasi terhadap mobil tersebut. Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya sendiri terkadang bertemu secara langsung dengan mobil/motor yang melakukan hal ini, namun terkadang juga menemukan laporan kecurangan demikian pada beberapa grup media sosial dan hal ini memang cukup meresahkan.

Karena armada di Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya akan selalu berputar dan berganti setelah 'cukup berumur', maka membuat NRKB cantik ini mungkin sia-sia; karena selain berbiaya tinggi, pajak dan lainnya juga pasti tidak efisien untuk biaya operasional sebuah rental mobil. Kecuali bila mobil tersebut hanya untuk dipakai pribadi, pasti akan keren ^_^
 
 
 
 
*** 
Keterangan gambar: sejumlah plat nomor kendaraan di Amerika. sumber: pixabay/Capri23auto






0 comments:





Post Comments :