BERITA

  Konsumen, Tak Perlu Ragu Dengan Website Kami ^_^

    Dibaca: 169 kali 


Beberapa waktu terakhir ini banyak orang datang langsung ke markas Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya. Ada yang menarik perhatian kami saat mengetahui ini, karena di satu sisi konsumen mengetahui sendiri bahwa website kami bukan abal-abal karena alamat yang dicantumkan pada website kami dituju oleh para konsumen tersebut. 
Namun di sisi lain, ada yang mengganjal karena mungkin saja ini menunjukkan ketidak-percayaan konsumen tersebut akan website banyak rental mobil yang mereka temui. Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya sendiri memberi kemudahan transfer bank (dengan nomor rekening yang dicantumkan) jika ingin memberi uang muka lebih dulu. Dan yang terpenting, Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat pun memberi nomor kontak yang bisa dihubungi untuk beberapa pertanyaan atau ingin mengetahui tentang prosedur penyewaan mobil.

Sementara selama ini Rental Mobil Surabaya menilai bahwa memang website penipuan tersebut ada, dengan disertai banyak modus pula; tetapi kami sendiri belum mengetahui adanya website penipuan berbasis Sewa Mobil Surabaya. Hanya, mungkin kami yang kurang update soal situs penipuan rental mobil karena belum menemukannya.
Website berbasis keuangan yang biasanya menjadi sasaran penipuan adalah situs perbankan (bank), situs provider telekomunikasi dan situs lain atas nama 'hadiah undian'. Biasanya seseorang melalui SMS memberi info abal-abal bahwa korbannya 'menang undian' yang lalu menggunakan situs tertentu untuk kemudian diakses. Sementara situs 'KW' ini biasanya memplesetkan nama domain situs aslinya (phising). Misalnya jika situs aslinya menggunakan domain klikbca [dot] com maka jangan sekali-kali memasukkan username dan password pada url clickbca [dot] com.

Tentang modus penipuan sendiri ada banyak. Tapi, Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya tidak bisa merinci semua. Satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah beberapa cara tentang bagaimana menghindar dari penipuan. Berikut Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya memberi beberapa yang bisa Anda gunakan sebagai acuan:
1. Usia domain website lebih dari satu tahun. Hal ini tidak mutlak, karena bisa saja sebuah usaha baru mempunyai website sedangkan selama ini beroperasi luring (offline) dengan menyebar brosur.
2. Mempunyai top level domain berbayar seperti .com [dot com] .org [dot org] .net .website .id dan lain sebagainya. Silakan Anda cek di beberapa penjual jasa hosting penjual domain maka akan menemukan mana domain yang berbayar atau tidak. Jika sebuah situs abal-abal menggunakan domain berbayar, maka bisa dipastikan hanya sekali pakai. Namun kebanyakan dari situs penipuan ini ogah keluar modal serta cenderung menggunakan situs gratisan semacam blogspot, weebly, bravenet, wordpress, wix dan lain sebagainya.
3. Mempunyai website yang diupdate selama beberapa bulan (atau beberapa tahun) sesuai usia website tersebut. Kebanyakan usia website abal-abal tidak lebih dari setahun, serta diupdate hanya sekali atau hanya dalam sehari. Anda dapat menggunakan 'situs whois' untuk mengecek usia domain tersebut dan diperpanjang atau tidak. Namun hal ini pun tak mutlak karena bisa jadi pemilik satu domain bisa beberapa orang yang berbeda.
4. Banyak penipu menggunakan nomor perdana murah sekali buang yang banyak diantaranya bukan tergolong 'nomor cantik', sementara usaha yang profesional seperti Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya juga selalu menggunakan 'nomor cantik' yang cenderung mahal dan mudah diingat. Meski hal ini juga relatif.
5. Jika kita mengetikkan sebuah kata keyword untuk sebuah situs yang 'terpelihara', biasanya muncul pada halaman-halaman awal pada suatu mesin pencarian (baik yahoo, google, bing, altavista, dan lain sebagainya. Karena seringkali sebuah situs yang 'dipelihara' akan memperhatikan SEO dan banyak faktor lainnya. Hanya, sebuah situs pun dapat 'terlempar' dari 10 halaman awal mesin pencarian pula karena mempunyai sistem dan pendukung yang kurang bagus.
6. Beberapa domain website yang 'terurus' diiklankan pada periklanan internet atau Google Adwords meski hal ini juga tidak mutlak. Terkadang pemilik situs memilih beriklan via media sosial semacam Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya sendiri kadang menerapkan cara ini.
7. Situs tersebut mempunyai beberapa media sosial dengan follower yang cukup banyak. Kecuali situs baru (atau baru menggunakan media sosial), status atau kabar beritanya pun secara rutin diupdate.
8. Sebuah situs 'asli' biasanya mempunyai isi artikel yang realistis, bukan sekadar bombastis dan cenderung mirip sebuah keajaiban. Sebuah situs 'asli' biasanya juga mempunyai alamat email yang mudah dihubungi. Bila situs 'KW' biasanya hanya menyertakan nomor telepon yang sekali buang tadi. Namun ini pun relatif sifatnya.
9. Sebuah situs 'KW' mengambil gambarnya dari situs lain atau dari brosur secara ngawur. Anda dapat mengecek apakah sebuah gambar diambil dari website lain via mesin pencari Google Image (misalnya jika gambar bertema BCA dari situs resmi BCA, gambar tentang Indosat dari situs Indosat dan lain sebagainya). Poin ini juga tidak mutlak karena beberapa artikel Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya juga mengambil gambar melalui wikipedia (wikimedia commons) atau situs penyedia gambar.
10. Jika menyangkut suatu produk yang dijual di internet, ada beberapa acuan yang digunakan untuk melihat apakah suatu situs tersebut berniat menipu atau tergolong 'situs jujur'. Yakni pada situs sukarelawan semacam 'polisi online' atau sejenisnya yang mungkin cukup berpengalaman memantau kredibilitas sebuah situs.

Ada banyak hal di internet yang tidak selalu benar, tapi banyak juga yang menjadi rujukan bagi lainnya. Sama seperti mereka yang sering belanja ke pasar mungkin lama-lama akan tahu mana ikan yang berkualitas atau tidak berkualitas. Sama seperti itu, jadi Sewa Rental Mobil Surabaya pun menyarankan Anda banyak berkunjung ke 'dunia maya' untuk mengetahui perbedaan mana artikel informasi yang berkualitas mana yang asal tulis. Pastinya Anda akan tau juga bila segala aspek di situs Rental Sewa Mobil Penumpang di Surabaya ini diperhatikan dengan baik. Dari sisi mungkin akan terlihat jelas bahwa kami bukan penyedia jasa abal-abal.
 
 
 
***
 
Keterangan Gambar: Ilustrasi seorang penjahat yang berusaha membobol pintu. Sumber: pixabay/thedigitalway






0 comments:





Post Comments :