BERITA

  Cagar Budaya di Surabaya

    Dibaca: 196 kali 


Dari sejarah suatu kebudayaan maka kita bisa menelusuri bagaimana suatu tatanan, masyarakat, kehidupan dan sebagainya di masa lalu. Di dalamnya pula kita bisa mengetahui secara tersirat akan pemikiran orang di masa lalu pula. Karena pada dasarnya manusia mempunyai rasa ingin tahu, maka apapun yang terpendam di benak atau tidak diketahuinya selalu berusaha untuk dicari titik terangnya.
Tak jarang, kebaikan yang ada di masa lalu pun diterapkan hingga pada masa ini. Salah satu contohnya adalah seperti sistem jalan blok paving yang telah ada sejak zaman Romawi. Ketika Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya  melintas di kawasan Rungkut—Berbek Industri, jalan blok paving ini kembali digunakan untuk mengganti jalan aspal yang boros biaya perawatan dan penambalan saat terkena air yang menciptakan lubang. Karena itu pula, banyak keabadian di masa lalu (terutama bangunan) yang tetap dipertahankan untuk kemudian dipelajari atau kemungkinan mendapat inspirasi dari sana.

Namun beberapa bangunan 'jadul' yang sekiranya berada di kawasan jalan protokol rasanya malah dibabat di wilayah Surabaya ini. Misalnya seperti Pabrik Kulit Wonocolo yang berganti menjadi Jatim Expo yang kemudian berubah nama menjadi JX International. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya pun mendapati jalan di sebelah bekas pabrik kulit tersebut masih memakai 'embel-embel' pabrik kulit. Kemungkinan adalah biaya perawatan untuk peremajaan (sehingga tak terlihat kusam) yang besar atau mungkin dipandang kurang strategis lagi pada posisinya saat ini sehingga diganti gedung konvensi tersebut. Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya mendapati foto lamanya pada laman berikut dimana daerah sekitarnya masih banyak berupa tanah pertanian atau tanah kosong: http://surabayapagi.com/index.php?136063f2220dc6af49ae8254ec2f3622.

Sementara bangunan cagar budaya lain yang masih dipertahankan dan berdiri hingga sekarang kebanyakan berada di kawasan Surabaya Pusat atau Utara. Meski memang masih ada pula bangunan warisan zaman kolonial yang berdiri tersebar di penjuru Surabaya karena kemanfaatannya. Sebagai contoh Pintu air Wonokromo yang menyimpan kisah di balik pembangunannya, seperti dipaparkan pada referensi Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya berikut: http://tellypuspitasari18.blogspot.co.id/2015/04/pintu-air-jagir-wonokromo.html. Sampai saat ini, pintu air di Jagir Wonokromo ini masih bisa difungsikan demi mengatur debit air dan pengendalian banjir. 

Lalu ada gedung dan bangunan tua yang cukup dikenal di Surabaya dan merupakan bekas konsulat Perancis di Dinoyo (yang kemudian pindah ke kawasan AJBS jl Ratna Surabaya), yang saat ini rupanya berubah secara fungsi menjadi restoran: http://laurentiadewi.com/27058/comment-page-1. Meskipun demikian, secara bangunan masih tetap dipertahankan seperti adanya, mungkin untuk mengejar kesan klasik. Dan jika Anda ingin berwisata sejarah (lalu berkesempatan dan menggunakan jasa Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya untuk berkeliling), mungkin kita bisa juga menengok blog ini dulu: https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/category/daftar-cagar-budaya-surabaya/, jadi bila Anda yang pernah bermukim di Surabaya pun tak akan ketinggalan jejak sejarah karena memang ada banyak hal yang telah berubah di Surabaya; baik pemugaran ataupun perombakan. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya juga menemukan daftar bangunan cagar budaya ini pada Google Maps: https://www.google.com/maps/d/viewer?mid=1Ekf9B_IrKa_UTLaX-Lbqlk9D05Y&hl=en_US.

Sementara itu, Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat juga mendapatkan kabar tentang kemungkinan bagaimana bangunan bersejarah tersebut berpindah tangan disebabkan oleh tingginya biaya perawatan dan operasional, dimana pajak juga termasuk di dalamnya: https://nasional.tempo.co/read/news/2016/05/18/058772124/hanya-ada-11-bangunan-cagar-budaya-di-surabaya-yang-dapat-potongan-pbb. Jadi, bila bangunan-bangunan kuno ini tidak difungsikan sebagai tempat usaha mungkin malah menimbulkan keberatan bagi ahli waris pemilik bangunan tersebut.

Sementara itu, bangunan yang merupakan cagar budaya diketahui memang ditandai khusus dengan label 'cagar budaya'. Dan warga Surabaya sendiri pernah merasa 'kecolongan' akibat pembongkaran sebuah cagar budaya dari pemilik bangunan saat itu yang hingga menjadi polemik perlu dibangun lagi atau tidak, berikut adalah tautannya: http://radarsurabaya.jawapos.com/read/2016/06/09/1801/pemkot-bilang-rumah-radio-bung-tomo-bukan-cagar-budaya. Dari berbagai sumber yang ditelusuri Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya, rumah cagar budaya ini pernah menjadi simbol perjuangan Bung Tomo di era kemerdekaan Indonesia di Kota Surabaya. Salah satunya adalah ini: http://jatim.metrotvnews.com/read/2016/05/10/525770/pemkot-surabaya-berjanji-lindungi-273-cagar-budaya

Namun keseriusan Pemkot dalam melindungi dan melestarikan cagar budaya tersebut juga perlu ditanyakan, karena ada faktor lain seperti kemungkinan permainan 'orang dalam' yang dari beberapa tautan pun dirasakan ada dan menjadi sumber kekagetan banyak orang saat ada mall berdiri di kawasan Ngagel Surabaya, seperti dikutip oleh Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya dari laman berikut: http://surabaya.tribunnews.com/2016/07/31/pro-kontra-sengketa-lahan-pemkot-dan-marvell-city. Meski Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya sendiri masih menjumpai banyak SPBU dihancurkan di Surabaya demi peruntukan lahan untuk jalur hijau dan taman. Jikapun ada satu hal pada gedung mall Marvell City yang mengganjal mirip bangunan banyak SPBU tersebut, bagaimana menghancurkan sebuah mall tanpa mengabaikan dampaknya seperti barisan SPBU tersebut?

Kembali ke topik semula, sebuah bangunan lama nampaknya menyimpan karisma tersendiri yang dikagumi; apalagi jika kita bisa belajar dari rancang-bangun gedung-gedung tersebut bagaimana bisa bertahan dengan rentang waktu yang panjang, dibandingkan dengan gedung-gedung baru yang malah terkesan kurang awet atau kokoh. Akhirnya, jika Anda ingin berkeliling dan berwisata sejarah pada bangunan cagar budaya di Kota Pahlawan tersebut, Anda pun bisa menghubungi Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya.
 
--------------------------------------- 
Keterangan gambar: salah satu gedung bangunan cagar budaya yang digunakan untuk kegiatan komersial. Sumber: suarasurabaya.net






0 comments:





Post Comments :